komoditas tempat PI

Posted: Desember 7, 2010 in Uncategorized

Air merupakan zat organik yang terdiri dari dua molekul Hidrogen dan satu molekul Oksigen , dimana molekul-molekul tersebut menentukan mutu, daya awet, dan warna bahan. Sifat-sifat kimia lainnya sangat erat dengan kadar mineral, logam, gas-gas larut dan kesadahan air yang bersih, bebas dari zat yang berbahaya dan mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Air mineral merupakan air yang mengandung mineral secara alami dan diperoleh seluruhnya dari sumber yang benar-benar alami. Air mineral tidak boleh mengandung kadar mineral terlarut lebih dari 500 ppm. Jika air tersebut mengandung 250 sampai 500 ppm maka disebut high mineral sedangkan mineral yang ditambahkan dari luar pada air minum dikenal sebagai mineralizer water sedangkan apabila mineral air dihilangkan disebut demineral water.( air demin )
Air minum dalam kemasan (AMDK) merupakan salah satu produk yang sudah terjamin keamanannya untuk dikonsumsi secara langsung. AMDK terdiri dari berbagi macam produk yaitu botol, cup, dan botol 5 gallon. Akhir-akhir ini penggunaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sudah banyak ditemui dengan berbagai merk yang ada dipasaran. Hal ini disebabkan AMDK lebih praktis ,kualitasnya terjamin karena proses pembuatannya lebih banyak menggunakan mesin yang telah diuji standar kesehatannya.

Air merupakan senyawa kimia dengan rumus kimia H2O yang artinya satu molekul air terdiri dari 2 atom Hidrogen yang berikatan dengan 1 atom Oksigen.Air bersifat tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Air membeku pada suhu 0°C dan menguap pada suhu 100°C.
Air menutupi hampir 70 % permukaan bumi,tetapi ada juga negara yang persediaan airnya dalam jumlah terbatas. Selain jumlahnya yang penting,mutu air juga diperlukan untuk penggunaan tertentu. Air yang cocok untuk kegiatan  industri diperluan untuk persediaan dan keperluan industri yang didapat dari dalam tanah dan sumber atau mata air.
Sumber air yang dapat dimanfaatkan pada dasarnya dapat digolongkan sebagai berikut:
a. Air Hujan
Air hujan adalah air yang menguap karena panas kemudian mengembara di udara. Pada waktu mengembara tersebut, uap air bercampur dan melarutkan gas-gas Oksigen, Nitrogen, Karbondioksida, debu, dan senyawa lainnya. Karena itulah air hujan juga mengandung debu, bakteri, dan berbagai senyawa yang terdapat di udara.
b. Air Tanah
Air tanah merupakan sumber air yang terdapat di dalam tanah, biasanya pada masyarakat pedesaan dalam bentuk mata air atau sumur, baik dalam bentuk sumur gali, sumur pompa maupun sumur pompa dangkal. Pada umumnya mata air dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu mata air karang dan mata air tanah, tergantung pada letak sumber airnya. Untuk mendapatkan air tanah yang memenuhi syarat kesehatan diperlukan cara pembuatan sumur yang benar dengan kedalaman sumur minimal 70 meter, karena pada umumnya dengan kedalaman 70 meter berbagai bakteri spofilik tidak dapat hidup, sehingga air yang diambil bebas dari bakteri tersebut, misal E.coli.terutama untuk industri air minum.
c. Air Permukaan
Air permukaan air baku yang utama bagi rumah tangga atau industri yang bukan industri AMDK di kota-kota besar, sumber air permukaan dapat berupa air sungai, danau, waduk, empang dan air dari saluran irigasi. Umumnya air permukaan ini sudah mengalami pencemaran.

Persyaratan mutu air minum adalah bebas dari bakteri dan senyawa kimia yang berbahaya, tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa dan tidak keruh. Apabila air mentah tidak memenuhi persyaratan air minum yang ditentukan, maka air tersebut harus dimurnikan dengan perlakuan kimiawi, fisika dan biologis. Beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk memenhi syarat-syarat air minum yaitu :
a)    Pengendapan
b)    Penyaringan / Filtrasi
c)    Disenfektasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s